Jumat, 22 Juli 2011

Gizi Dan Pola Hidup Sehat


Gizi dan pola hidup sehat merupakan hubungan antara kebutuhan gizi yang seimbang dan hidup sehat, dalam artian menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Untuk mengetahui pola hidup sehat, maka diperlukan beberapa pengetahuan yang menunjang pola hidup sehat, antara lain:

a.       Syarat-syarat makanan yang sehat
Setelah memahami pengertian dan fungsi dari makanan, maka dapat disusun syarat-syarat yang harus dipenuhi zat makanan . Makanan yang sehat adalah makanan yang higienis serta banyak mengandung zat gizi. Sedangkan makanan higienis adalah makanan yang tidak mengandung kuman  penyakit dan tidak boleh bersifat meracuni tubuh serta lezat rasanya.Syarat-syarat itu adalah sebagai berikut:
1.      Harus cukup mengandung kalori
2.      Protein yang dikonsumsi harus mengandung kesepuluh asam amino utama, yaitu lisin, isoleusin, threonin, metionin, valin, dan arginin.
3.      Harus cukup mengandung vitamin.
4.      Harus cukup mengandung garam mineral dan air.
5.      Perbandingan yang baik antara sumber karbohidrat, protein dan lemak.

b.      Mengetahui nilai makanan
Selain kualitas bahan makanan yang ditentukan oleh jumlah bahan kimia yang ada didalamnya, jumlah bahan makanan juga harus diperhatikan . jumlah bahan makanan dari tiap-tiap kelompok harus disusun seimbang. Makanan seimbang adalah makanan yang mngandung sumber energi (karbohidrat dan lemak), sumber pembangun, dan sumber pengatur yang sesuai untuk kebutuhan tiap orang.(Irianto,2007:68) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar